Senin, 02 Februari 2009

Model Data

Model Data

Model??

Apa yang tersirat dalam benak kita apabila mendengar kata model..??? Pasti kita memikirkan sesuatu yang nampak,berwujud dan bernilai mutu, tetapi model di dalam basis data tersebut adalah model dalam menampilkan sebuah table yang mudah di mengerti oleh si pembaca table tersebut.

Dapat di simpulkan bahwa model data dalm basis data adalah penyajian bentuk keterangan dalam table yang di lakukan demi penyederhanaan penulisan dan dapat di gambarkan secara konseptual/dapat menunjukan makna dari data dan keterhubungannya dengan data yang lain.

Ada beberapa cara dalam menyajikan perancangan basis data yang secara umum dibagi menjadi 2, a.l:

1. Model Lojik Data Berdasarkan Objek (Object-Based Logical Models):

· Model keterhubungan Entitas (Entitiy-Relationship Model)

· Model Berorientasi Objek (Object-Oriented Model)

· Model Data Semantik (Semantic Data Model)

· Model Data Fungsional (Functional Data Model)

2. Model Lojik Data Berdasarkan Record (Record-Base Logical Models):

· Model Relasional (Relational Model)

· Model Hirarkis (Hierarchial Model)

· Model Jaringan (Network Model)

Model disini sangat di perlukan dalam artian setiap model memiliki karaktersitik yang berbeda dalam menyamapaikan/penyajiannya, apabila di setiap perusahaan tidak ada model dalam penggambarannya mungkin kita yang orang awam sulit untuk mengerti yang dimaksudkan. Contohnya saja di bagian Administarsi, apabila tidak ada model dalam bentuk Microsoft Exel mungkin kita masih melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu banyak, apa lagi perusahaan itu perusahaan yang “go public”, pasti seorang manager akan kewalahan. Makannya orang pomrograman menciptakan suatu program yang memudahkan untuk melakukan penginputan.

Itulah maksud lain dari model yang dibicarakan. Efisien dan Efektif dalam menggunakannya agar kita menjadi mengerti apa itu Model Data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar