Senin, 02 Februari 2009

Atribut Dalam Basis Data

Atribut Dalam Basis Data

1. Atribut Sederhana dan Atribut Komposit

Atribut sederhana adalah atribut yang tidak dapat di kelompokan lagi atau di pisahkan lagi, sedangkan atribut komposit merupakan kebalikan dai atribut sederhana tetapi masing-masing memiliki makna.

Apabila dalam penerapannya tidak ada perubahan atau aktivitas pengolahan maka atribut komposit yang berperan penting agar dapat terus di pertahankan dalam struktur tablenya, apabila dalam penerapannya dibutuhkan perubahan maka atribut komposit dapt di komposisikan menjadi atribut sederhana.

2. Atribut Bernilai Tunggal Dan Bernilai Banyak

Atribut bernilai tunggal, maksudnya pada dasarnya atribut ini adalh atribut yang memiliki banyak satu nilai dari setiap baris datanya, sebagai contoh: misal alamat mhs punya dua, tetapi tetap satu yang di inputkan.

Sedangkan, atribut bernilai banyak ditujukan pada atribut yang bisa di inputkan lebih dari 1 atau banyak, tetapi dalam 1 jenis yang sama, sebagai contoh: mhs punya nmr Hp banyak maka semuanya bisa di inptkan.

3. Atribut Harus Bernilai dan Nilai Null

Ada data yang setiap isinya harus bernilai jadi tidak boleh di kosongkan dan tentunya table tersebut harus berisi data, ini disebut sebagai atribut yang bernilai. Sebagai contohnya: mhs yang mau masuk atau terdata pasti harus memilik NIM dan NIM dari setiap masing-masing berbeda.

Dan ada pula atribut yang boleh di kosongkan dalam arti table tersebut belum siap untuk di isi atau di inputkan datanya.

4. Atribut Turunan

Atribut turunan adalah atribut yang nilainya diperoleh dari pengolahan atau dapat diturunkan dari atribut table lain yang berhubungan. Atribut ini sebetulnya tidak di gunakan dalam sebuah table juga tidak apa-apa, karena nilainya bergantung pada nilai yang ada di atribut lainnya. Sebagai contoh: atribut angkatan bisa diliat dari atribut NIM, dimana dua karakter pertama dalam NIM menyatakan dua dijit bilangan Tahun masuknya mahasiswa.

1 komentar:

  1. halah bingung - bingung ERD pokonya ERD yang menurut aku itulah yang terbaik buatku.hahahh

    BalasHapus